Rabu, 16 November 2016

Proposal Usaha
“SOSIS BAKSO BAKAR YAHUD (SOBAD)”
(BISNIS USAHA MAKANAN)

Image result for logo gunadarma


Disusun oleh
Galih Rezti Pratiwi
232213629



JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016


Kata Pengantar
Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya, orangtua yang telah memberikan kesempatan dan memberi dukungan fasilitas secara maAteril maupun doa sehingga makalah ini dapat selesai dengan lancar, serta semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu penulis dapat menyelesaikan tugas proposal bisnis ini tepat pada waktunya.
Adapun tujuan dari pembuatan proposal bisnis ini untuk memahami yang lebih baik mengenai bagaimana menjalankan usaha dan bagaimana suatu usaha mendapatkan dana untuk modal kerja operasional.
Dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penulisan proposal bisnis ini, dan juga penulis menyadari bahwa penulisan proposal bisnis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak penyempurnaan proposal bisnis ini, sangat penulis harapkan.

Terima Kasih
                                                                                                                                                                

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Pada saat ini bisnis dibidang makanan skala kecil berkembang sangat pesat dan kompetisi bisnis pada sektor mikro kecil dan menengah cukup ketat, ketatnya persaingan bisnis pada level skala kecil mendorong para pelaku usaha untuk lebih kreatif dalam menyikapinya. Kualitas pelayanan juga harus memiliki keunggulan dan daya tarik tersendiri sebagai identitas suatu bisnis yang dapat dikenal oleh masyarakat secara luas.
Salah satu bisnis makanan yang saat ini digemari adalah sosis dan bakso bakar. Banyaknya penggemar sosis dan bakso bakar yang meliputi kalangan bawah sampai kekalangan atas dan juga karena rasanya yang nikmat, lezat dan harganya yang tidak menguras kantong/terjangkau di semua kalangan, menjadikan bisnis ini sebagai bisnis yang menjanjikan untuk memberikan keuntungan dan tidak mudah mengalami penurunan karna bisnis ini bukan merupakan bisnis musiman. Hal ini yang memotivasi kami dalam membangun dan mengembangkan usaha di bidang makanan/kuliner.

1.2  RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka pokok permasalahan yang dirumuskan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memanfaatkan peluang bisnis yang ada.

1.3  TUJUAN MASALAH
Berdasarkan yang telah dirumuskan sebelumnya, maka tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui keuntungan yang di peroleh dari penjulan sosis dan bakso bakar.

1.4 MANFAAT AKADEMIS
Makalah ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman mengenai semua cakupan aspek usaha yang berkaitan dengan layak atau tidak layaknya suatu usaha untuk ditekuni secara mendalam. Diharapkan makalah ini dapat menjadi referensi untuk pembuatan makalah-makalah kewirausahaan di masa yang akan datang tentunya dengan jenis usaha yang berbeda.



BAB II
PELUANG USAHA

2.1 PENGERTIAN PELUANG USAHA
Peluang usaha adalah sesuatu yang sangat penting karena adanya peluang tentunya ada kesempatan untuk mencapainya, ingin membuka usaha di bidang tertentu pasti akan melihat ada nggak peluangnya untuk memenangkan pasar. Usaha apapun itu, dari bisnis modal kecil sampai yang membutuhkan modal seabrek, dari bisnis sampingan hingga bisnis utama, akan membutuhkan pertimbangan tentang potensi dan peluang pasarnya.
Ada beberapa ide peluang usaha yang dapat dicoba. Sebenarnya jika dirangkum, maka peluang usaha itu dapat digolongkan ke dalam 2 bidang saja yaitu : usaha offline dan usaha online. Pada usaha offline dapat meliputi usaha : usaha kuliner, salon kecantikan, sanggar senam, bengkel dan lainnya. Sedangkan usaha online meliputi : toko online, affiliasi, dropship, adsense dan lainnya yang kesemuanya itu membutuhkan pengetahuan di bidang internet dan komputer.
2.2  Macam-macam Peluang Usaha
Terdapat 7 gagasan bisnis yang paling murah atau sesuai dengan dana yang dimiliki, baik modal milik sendiri maupun pinjaman dari pihak lain.
1. Bisnis Jualan Sosis Bakar
2. Bisnis Warung Indomie
3. Bisnis Kue Pancong
4. Bisnis Jualan Pop Ice
5. Bisnis Jualan Roti Bakar
6. Bisnis Jualan Ayam Bakar & Goreng
7. Bisnis Jualan Ice Cream
Setelah mempertimbangkan berbagai aspek usaha seperti aspek organisasi, pemasaran, produksi dan keuangan. Maka hanya satu gagasan usaha yang penulis pilih, yaitu :
Bisnis Jualan Sosis Bakso Bakar Yahud (SOBAD). Bisnis ini menurut saya adalah bisnis yang terbaik, karena semua orang suka memakan sosis bakar untuk sebagai pendamping cemilan pada saat mengisi waktu luang, dan dari setiap kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa pun cukup menyukai sosis bakar ini.


BAB III
ORGANISASI USAHA

3.1 Alasan Memilih Jenis Usaha ini
Alasan saya memilih usaha Sosis Bakar karena simpel dan dapat dijual ke semua kalangan seperti remaja, maupun orang dewasa dan modal pun tidak terlalu besar, dan juga memiliki peluang penghasilan yang cukup lumayan besar, karena sosis banyak digemari disetiap kalangan, tidak hanya anak-anak saja, para remaja maupun orang dewasa juga menggemari makanan tersebut. Dan sosis memiliki variasi rasa daging seperti ayam dan sapi, walaupun hanya memiliki 2 varian rasa tetap menjadi idola disetiap kalangan warga sekitar.
Tujuan bisnis ini adalah ingin membuat usaha yang simpel dengan modal rendah dan mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan besar. Dan untuk jangka panjangnya, jika bisnis ini berhasil, rencana saya ingin membuat usaha ini menjadi lebih besar lagi, seperti membuat cabang ditempat lain dan membuat ide-ide usaha lain, tidak hanya sosis saja bisa menambahkan variasi bidang makanan lain.

3.2 Organisasi Usaha
Nama Jenis Usaha                   : Sosis Bakso Bakar Yuhuuu
Nama Pemilik Usaha              : Galih Rezti Pratiwi
Bidang Usaha                          : Penjualan Makanan Sosis, DLL
Produk Yang Dipasarkan         : Sosis, Bakso, Dll
Sasaran Konsumen                  : Kalangan Remaja, Anak-anak dan Dewasa
Wilayah Pemasaran                : Tangerang, Indonesia
Badan Hukum                         : Perorangan
Email                                       : galihrezti95@yahoo.com



BAB IV
 ASPEK PEMASARAN

4.1 Riset Pemasaran
Jenis Makanan yang dijual.
Dalam usaha ini jenis makanan yang dijual adalah sosis, bakso, otak-otak,dan sebagainya. Dan ukuran dari makanan tersebut pun beragam tidak seperti biasa dijual, kami menjual dari ukuran kecil sampai besar tergantung selera konsumen.
Keunggulan Produk Makanan Yang Dijual
Nah untuk keunggulan produk makanan kami, kami membedakan melalui ciri khas rasa bumbu yang hanya kami saja yang dapat membuatnya. Karena jika produk makanan kami sama seperti produk lainnya, itu akan membuat konsumen tidak gampang tertarik untuk membeli produk kami tersebut.
Target Pembeli
Target pembeli kami adalah semua kalangan, karena setiap orang suka mengemil sebagai pendamping melakukan aktifitas seperti mengobrol dan lain-lain.
Daerah Penjualan
Daerah penjualan kami sudah pasti ditempat ramai, seperti didekat pasar ataupun dijalan raya, yang pasti kami akan menjual disudut-sudut yang gampang terlihat oleh banyak konsumen.

4.2 Aspek Pemasaran
Permintaan
Untuk aspek permintaan ini kami lebih mengarah ke penjualannya ataupun ditempat kami menjual produk tersebut, karena yang kita tahu tempat menjual pun sangat berpengaruh kepada usaha yang kita jual. Dan untuk target makanan yang kami jual untuk semua kalangan, dari anak-anak sampai orang dewasa.
Penawaran
Jika dilihat dari aspek penawaran, bisa dilihat banyak pesaing produk yang kami jual, karena produk yang kami jual banyak juga pesaing menjual hanya bedanya dibumbu racikan kami. Dan kami lebih mengarah kepada kepuasan konsumen, karena jika konsumen senang otomatis penjualan pun juga akan naik.


Tingkat Pertumbuhan
Jika berbicara tentang tingkat pertumbuhan, sudah pasti banyak orang yang mencari makanan cemilan, karena yang kita tahu setiap kalangan pun suka mengemil entah remaja maupun orang dewasa. Dan harga makanan yang kami jual pun sangat murah dan terjangkau untuk setiap kalangan.
Persaingan
Dalam hal persaingan tentu banyak pesaing yang menjual produk makanan seperti dagangan kami. Nah karena kami lebih mengutamakan konsumen, kami membuat ide dengan delivery order, tapi ada minimal harga pemesanan supaya konsumen tidak repot harus menunggu dan mengantri. Dan kami juga akan memberikan promo untuk setiap pembelian diatas harga tertentu akan mendapatkan bonus makanan.


BAB V
RINCIAN KEUANGAN

RINCIAN ANGGARAN MODAL
PENGEMBANGAN USAHA KULINER SOSIS BAKSO BAKAR
Sosis                                             1 bungkus isi 40                                     Rp  32.000,-
Bakso                                            1 bungkus                                              Rp 25.000,-
Margarin                                       1 bungkus                                              Rp  6.000,-
Saus ABC                                     1 bungkus                                              Rp  7.000,-
Tusukan sate                                 1 pak                                                      Rp   11.000,-
kecap                                            1 bungkus                                               Rp.  25.000,-  
                                                TOTAL MODAL                                       Rp 106.000

Perkiraan Pendapatan
Perhari            : Rp 60.000,-
Perbulan : Rp.1.800.000,-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar